Kepala Desa, Sekdes, Camat dan TA Gelar Rapat Bersama, Maksimalkan Percepatan APBDESA Tahun 2023

BENGKULU UTARA, suarasahabat.com – Kepala Desa (Kades), Sekretaris Desa (Sekdes) Se-Kecamatan Kota Arga Makmur melakukan rapat bersama dengan agenda pembahasan RKPDESA, APBDESA 2023 dan LPPDESA Tahun 2022. Rapat berlangsung di Aula Kantor Desa Rama Agung, Senin (26/12/2022).

Rapat yang diikuti 10 Kades, 14 Sekdes ini turut dihadiri Camat Kota Arga Makmur Syafaruddin, SST. M.Si, dan Tenaga Ahli Pendamping Desa (TAPD) Kabupaten Bengkulu Utara Agus Kuncoro. 4 Kades yang berhalangan hadir yakni Kades Kuro Tidur, Kades Senali, Kades Gunung Agung dan Kades Gunung selan.

Rapat bersama ini di pimpin langsung oleh Ketua Forum Kepala Desa Kecamatan Kota Arga Makmur Herman Robin, di damping Wakil Ketua Forum  Putu Suriade, Camat Arga Makmur dan TAPD Kabupaten Bengkulu Utara dan di pandu oleh Ketua Forum Sekdes Kecamatan Kota Arga Makmur.

Ketua Forum Kepala Desa Kecamatan Kota Arga Makmur Herman Robin dalam sambutannya mengatakan, rapat bersama ini untuk kebersamaan dan percepatan penyelesaian berkenaan dengan desa, kita membahas dan menyepakati bersama dalam hal RPKDESA Tahun 2023, APBDESA Tahun 2023 dan LPPDESA Tahun 2022.

“Ketiga hal ini menjadi perhatian khusus dalam rapat bersama untuk di bahas bersama lantaran Kecamatan Kota Arga Makmur ada 13 Desa yang melaksanakan pesta demokrasi Pilkades Tahun 2022 dan sebagian besar Kades baru”, ucap Robin.

Mengingat Kecamatan Kota Arga Makmur adalah wilayah administratif atau pusat Kota Kabupaten Bengkulu Utara maka kita menganggap sangatlah penting dalam percepatan penyusunan APBDESA Tahun 2023.

“kita berharap desa-desa di Kecamatan Kota Arga Makmur dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam hal menysun APBDESA Tahun 2023, dimana saat ini Pagu DD sudah keluar, ada beberapa desa mendapat tambahan tentang kinerjanya, mari kita sama-sama, terutama Kades yang hadir saat ini dan Sekdes selaku tim teknis penyusunan APBDESA, LPPDESA dan RKPDESA, kita rembuk bersama menuju kebersmaan, persaudaraan dan pererat rasa persatuan dan kesatuan Pemerintah Desa di Kecamatan Kota Arga Makmur”, Harap Robin.

Sementara itu, Camat Kota Arga Makmur Syafaruddin, SST. M.Si menyampaikan, kegiatan ini sangat bagus dan bisa terus di lakukan, 10 Kepala Desa dan 14 Sekdes yang hadir, Kepala Desa yang tidak hadir mungkin banyak kegiatan yang mendesak, kedepan insya allah bisa hadir dan rapat bersama, hal ini sangat penting apa lagi pembahasan terkait percepatan APBDESA Tahun 2023.

“Pemerintah Kecamatan akan terus membina Pemerintah Desa, harapan kami Kecamatan Kota Arga Makmur bisa menjadi yang pertama APBDESA Tahun 2023, kami tim kecamatan siap untuk verifikasi APBDESA dan akan segera membentuk TIM nantinya yang benar-benar mengerti tentang desa dan regulasinya. Untuk pembuatan APBDESA selain cepat harus sesuai regulasi yang jelas dan penggunaan Dana Desa harus akuntabel, bermanfaat serta tidak melanggar aturan yang ada” jelas Camat.

Terpisah, Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Bengkulu Utara Agus Kuncoro menyampaikan, pembuatan APBDESA tahun 2023 bisa di laksanakan segara, ingat pembuatan APBDESA wajib mengikuti regulasi yang ada, baik tentang aturan dan hukum termasuk juga azaz manfaat APBDESA itu sendiri, karena dana yang rata-rata di atas 1 Milyar ini harus benar-benar bisa di manfaatkan dengan baik, terutama ada kegiatan 3 % untuk Operasional Pemerintah Desa, termasuk juga BLT DD minimal 10 % dan Maksimal 25 % serta ketahanan pangan minimal 20 % dan skala prioritas lainnya, kami harap Kecamatan Kota Arga Makmur yang pertama Ujar Agus.

Sedangkan Ibnu Majah selaku Moderator Acara Menyimpulkan, dari hasil rapat bersama ini desa-desa segera melakukan Musdes Penerima BLT Dana Desa Tahun 2023, Pembuatan RAB sesuai Dana Desa yang ada, LPPDesa wajib selesai sebelum bulan maret dan kegiatan lainnya seperti Pembuatan APBDESA Tahun 2023 wajib mengacu pada Perbub Barang Dan Jasa Tahun 2022, untuk Pagu ADD dan DBHPR masih menunggu Perbub Kabupaten Bengkulu Utara serta pengajuan verifikasi dan evaluasi APBDESA masih menunggu Perbub DD, ADD dan Perbub Keuangan tahun 2023 Kabupaten Bengkulu Utara sebagai Regulasi peraturan yang ada.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: