Tidak Ada Kecamatan Padang Bano di Bengkulu Utara, Ini Kata KPU

Ramadiandri, S.I.KOM, M.I.KOM, Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kabupaten Bengkulu Utara

BENGKULU UTARA, suarasahabat.com – Kecamatan Padang Bano tidak masuk dalam pendataan wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, tegas Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Utara, Rabu (14/12/2022).

Pertanyaan yang disampaikan oleh salah satu elemen dalam agenda uji publik rancangan penataan Daerah Pemilihan Pemilu 2024 dijawab dengan tegas tidak ada Kecamatan Padang Bano di wilayah Bumi Ratu Samban ini.

“Tidak ada Kecamatan Padang Bano di Bengkulu Utara, yang ada Kecamatan Giri Mulya. KPU Lebong tidak akan membuka TPS di lokasi yang bukan wilayahnya,” tegas Ramadiandri, S.I.KOM, M.I.KOM Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Bengkulu Utara.

Secara administratif, Giri Mulya merupakan salah satu Kecamatan di Bengkulu Utara. Wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lebong ini masuk dalam daftar Daerah Pemilihan 2.

Dari data KPU sebelumnya, Giri Mulya dihuni sebanyak 15.247 jiwa, dengan 38 jumlah Tempat Pemungutan Suara, wilayah ini memiliki lebih dari  12 ribu mata pilih.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, H Fitriansyah, S.STP, MM menegaskan, polemik tapal batas antara Bengkulu Utara dan Lebong telah selesai.

Hal ini merujuk pada Permendagri Nomor 20 Tahun 2015.”Kita mengacu pada Permendagri Tahun 2015. Pernah digugat hingga ke MA, tapi hasilnya tetap merujuk pada Permendagri tersebut,” kata Fitriansyah.

Pernyataan Sekretaris Daerah Bengkulu Utara ini diperkuat oleh Kabag Pemerintahan Pemkab Bengkulu Utara, Rahmat Hidayat, S.STP. MM dirinya menjelaskan, pihaknya telah mengantongi berita acara terkait pengecekan titik koordinat tapal batas dua Kabupaten.

“Kita taat hukum. Terkait pembangunan tapal batas beberapa waktu lalu yang dilakukan ormas, mereka menepis, mereka menyatakan aksi itu dilakukan oleh masyarakat, bukan Garbeta,” kata Rahmat.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: